//
anda sedang membaca...
Kabar Papua, Penguatan Kelembagaan

KPHL Biak Numfor Kembangkan Sistem Informasi Berbasis Web

Fasilitator dari Gedhe Foundation memberikan pemahaman terkait sistem informasi berbasis web di kantor KPHL Biak Numfor. Foto : Sandika | Samdhana

Fasilitator dari Gedhe Foundation memberikan pemahaman terkait sistem informasi berbasis web di kantor KPHL Biak Numfor. Foto : Sandika | Samdhana

Hampir 5 tahun keberadaan KPH di Papua khususnya KPHL Biak Numfor dirasa belum banyak diketahui publik secara luas. Padahal KPHL ini berdiri sejak penetapan wilayah model oleh Menteri Kehutanan melalui SK. 648/Menhut­II/2010 tanggal 22 November 2010. Penting bagi KPHL Biak Numfor untuk mengembangkan sistem tata kelola data dan informasi, maka diselenggarakan pelatihan manajemen informasi selama empat hari pada hari Kamis-Minggu, 1-4 Oktober 2015 di Kantor KPHL Biak Numfor Jl. Yafdas Distrik Biak Kota. Acara ini diikuti 14 orang dari pegiat KPHL, Yayasan Rumsram, Papua Mnukwar, dan Yadupa.

Pelatihan yang difasilitasi Yossy Suparyo dan Sungging Septivianto (Gedhe Foundation) dan Samdhana Institute ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan strategi manajemen pengetahuan guna meningkatkan daya saing organisasi melalui pengembangan sistem informasi berbasis web dan android. Selama pelatihan, peserta membahas strategi pengarusutamaan kinerja kehutanan, manajemen pengetahuan organisasi, internet, membuat website, menulis konten, mengemas informasi, pemasaran informasi, dan media sosial.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, hal ini terbukti dengan kelas malam diikuti oleh semua peserta. Acara berlangsung 09.00 hingga 15.00, tapi peserta meminta agar waktu ditambah hingga pukul 17.00. Selain itu, ada kelas tambahan di malam hari pukul 20.00 hingga 01.00. Situasi seperti ini jarang terjadi dalam pelatihan-pelatihan sebelumnya.

Pelatihan berlangsung di Ruang Kepala KPHL Biak yang disulap menjadi ruang pelatihan untuk sesi siang, kemudian berlanjut di hotel tempat fasilitator menginap. Pelatihan ini membuka wawasan para peserta akan pentingnya sistem informasi kehutanan sebagai media informasi dan promosi kerja-kerja institusi kepada publik dan pemangku kepentingan lainnya.

Menurut kepala KPHL Biak Numfor, Aristoteles Ap, beragam kegiatan dan pengalaman lembaga kini bisa diakses melalui website sementara KPHL Biak Numfor di http://kph.web.id. Telah tersedia informasi lembaga, produk unggulan, info kegiatan, dokumen perencanaan, dan laporan program.

KPHL Biak Numfor Papua memiliki wilayah kelola seluas ± 206.016 ha. Luasan tersebut, terbagi ke dalam sejumlah fungsi, seperti Hutan Lindung ± 120.340 ha, Hutan Produksi Terbatas (HPT)± 55.149 ha, Hutan Produksi Tetap (HP)± 30.527 ha. Potensi floranya sangat luar biasa, seperti Kayu Merbau yang tersohor dan memiliki nilai ekonomi tinggi serta Fauna seperti Kus­kus yang sangat unik.

Dalam pengelolaan hutan, sebagian besar pengetahuan maupun pengalaman masih berbentuk tacit knowledge yang tersebar di benak para pegiatnya. Selanjutnya, KPHL Biak Numfor mendorong para pegiatnya untuk memproduksi pengetahuan eksplisit agar dapat disebarluaskan kepada publik.

KPHL Biak Numfor pada tgl 17 Agustus 2015, di Istana Negara telah diumumkan menjadi salah satu juara KPHL Mandiri Lestari 2015 yang diselanggarakan oleh KemenLHK. Selamat untuk KPHL Biak Numfor, Pemda Papua, KemenLHK, serta berbagai lembaga yang telah mendampinginya.

Sumber : KPHL Biak Numfor Selenggarakan Pelatihan Manajemen Informasi, KPHL Biak Numfor Terapkan Strategi Manajemen Pengetahuan

About Samdhana

The Samdhana Institute was formed in 2003 by a group of individuals, conservationist, development practitioners, constituting the first Samdhana Fellows: moved by the same commitment of 'giving back' that they know to the next generation;and bringing together skills, knowledge, experiences, networks, colleagues and friends; delivering maturity, strength and sustainability. The Samdhana Institute is a non-profit organization with an office in Indonesia and a Regional base in the Phillippines for Southeast Asia. The Samdhana Institute offers and institutional home and community for those who wish to reduce their time devoted to institutional needs and give more time and energey assisting the next generation of development and conservation practitioners.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar